Pages

Jumat, 31 Januari 2014

Dermaga Pelabuhan Arar Kelola Penumpukan Batubara

Tifapos, Sorong - Selain menjadi dermaga pelabuhan untuk container barang kimia dasar, seperti semen, beras dan sebagainya, dermaga pelabuhan Arar di Kalin juga akan dioperasionalkan dalam penelolaan penumpukan batubara. Di dermaga tersebut, terdapat  beberapa hektar lahan yang bakal dijadikan tempat penumpukan batubara sebagai salah satu pemfungsian dermaga. Selain menjadi pusat penumpukan batubara dan pengelolaan batubara, dermaga juga akan difungsikan sebagai gerbang keluar masuknya batubara baik yang berasal dari kabupaten sorong dalam hal ini PT Mega Putra, mau pun batubara yang akan didatangkan dari Kalimantan.

 GM Pelindo IV Cab. Sorong
 
batubara dari Kalimantan tersebut akan didatangkan dalam bentuk fisik yang masih akan dikelola kembali di areal penumnpukan dermaga pelabuhan. hal itu, selaras dengan visi dan misi bupati kabupaten sorong yang berencana menjadikan dermaga pelabuhan gerbang dan sumber perekonimian, mau pun pusat konsolidasi barang. Demikian disampaikan general manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Sorong, Jusuf Junus kepada Koran ini. Lahan yang akan dijadikan sebagai tempat penumpukan dan pengolahan batubara sendiri, saat ini sudah mulai dipersiapkan. Bahkan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan perusahaan pengelola dan pensuplai batubara yang akan menggunakan lahan itu.”Untuk kerjasama sudah kita jalin dan lahannya juga sudah siap dijadikan tempat penumpukan dan pengolahan batu bara,” katanya.

Persiapan lainya juga mulai dilakukan guna menjadikan areal itu sebagai pengolahan batubara. Direncanakan dalam bulan ini suah ada batubara yang akan ditumpuk ditempat tersebut. bahkan, dalam waktu dekat juga aka nada batubara yang didatangkan dari Kalimantan untuk dikelola dan didistribusikan.”Jadi bukan hanya sekedar menjadi penumpukan, melainkan juga setelah diolah batubara akan disitribusikan lagi misalnya ke Jayapura yakni ke perusahaan yang memakai bahan bakar batubara,”ujarnya. Dengan penumpukan dan pengolahan sekaligus penyaluran dengan menggunakan angkutan laut, dipastikan dermaga pelabuhan arar akan menjadi dermaga besar dengan pendapatan yang dapat menopang perekonomian daerah setempat. “Hal ini merupakan terobosan bapak bupati yang cukup memahami bagaimana peningkatan perekonomian dan kemajuan daerah dengan pembangunan dan pemaksimalan pengolahan dermaga pelabuhan,” pungkasnya.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar