Pages

Jumat, 31 Januari 2014

Ribuan Penganggur Terserap di Area Industri Arar




Jumat, 4 Oktober 2013

AIMAS (Suara Karya): Bupati Sorong, Dr Stefanus Malak, M.Si, mengatakan, warga kabupaten itu boleh berbangga karena 6.500 tenaga kerja kini terserap di Area Industri Arar, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Ini baru empat perusahaan yang menanamkan investasinya di Arar, sedangkan lahan yang disiapkan Pemda Kabupaten Sorong 6 ribu hektare untuk perluasan area industri Arar tersebut. Pelabuhan Arar kemarin diresmikan dan pengoperasiannya dipercayakan kepada PT Pelindo IV Sorong.

"Saat ini, pengangguran menjadi masalah besar di mana-mana termasuk di Papua Barat. Beruntung di Kabupaten Sorong kini mulai bernapas lega karena tercatat 6.500 tenaga kerja terserap pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di area industri Arar yang kini mulai difungsikan," kata Stefanus Malak melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong, Drs Sudirman, MSi.

Perusahaan yang telah beroperasi di sana antara lain Semen Gresik, Pertamina, pabrik tekstil, dan perusahaan aspal curah. Di samping itu sejumlah perusahaan perikanan juga beroperasi di sana.

Dengan beropersinya perusahaan-perusahaan di Area Industri Arar, pertumbuhan ekonomi keluarga masyarakat di sekitarnya pun berkembang. Sebagai contoh, masyarakat sekitarnya makin leluasa menjual hasil perkebunan seperti sayur, buah-buahan, ikan segar kepada ribuan karyawan di industri Arar tersebut.

Begitu juga para nelayan di sekitarnya, makin giat untuk memburu ikan di laut karena pemasarannya cukup di karyawan Industri Arar saja.

Di tempat yang sama, Direktur Personalia Umum, Herman Pasoroan H mengatakan, dengan beroperasinya Pelabuhan Arar yang dipercayakan pengelolaannya kepada PT Pelindo IV Sorong, maka ke depan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sorong berkembang pesat.

"Satu daerah akan berkembang pesat apabila para stakeholdernya pandai mebaca peluang investasi ke daerahnya. Dan Kabupaten Sorong memiliki peluang investasi itu saat ini," kata Herman.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Sorong, Marthen Nebore, M.Si, mengatakan, eksistensi Pelabuhan Sorong akan memberi peluang investasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar. Ke depan akan mengurangi pengangguran hingga 95 ribu pencari kerja di Kabupaten Sorong. (Yacob Nauly)

Sumber :
Suara Karya

0 komentar:

Posting Komentar