Pages

Jumat, 31 Januari 2014

Dermaga Arar Sorong Jadi Pelabuhan Utama Peti Kemas PB

Sorong – Provinsi Papua Barat akan segera memiliki pelabuhan khusus yang mampu menampung peti kemas mencapai 10 sampai 20 ribu buah. Pelabuhan tersebut berlokasi di pantai Arar, mencapai 300 hektar, memang disiapkan sebagai pelabuhan utama bongkar muat peti kemas yang akan keluar masuk ke semua kabupaten/ kota Se-Papua Barat.

Menteri Pekerjaan Umum Ir Joko Kirmanto,Selasa (15/5) kemarin meninjau langsung salah satu mega proyek yang merupakan bagian dari upaya percepatan pembangunan di Papua Barat.

“Sudah diputuskan oleh Kementrian Perhubungan bahwa dermaga Arar menjadi pelabuhan peti kemas. Kementrian PU juga bertanggungjawab untuk mendukung ini, yakni menyiapkan akses jalan menuju kesini,” kata Joko kepada wartawan di sela-sela peninjauan.

Kementrian PU akan membangun jalan utama menuju dermaga Arar sejauh 23 Km. Jalan tersebut memiliki struktur khusus yang tahan terhadap beban yang berat, mengingat ruas jalan ini akan dilewati oleh kendaraan pengangkut peti kemas yang memiliki bobot mencapai puluhan ton.

“Tanggung jawab Kementrian PU sepanjang 23 km, sedangkan 4 kilo tanggung jawab kabupaten (Sorong),” timpal menteri.

Saat ini tahap pertama pembangunan dermaga Arar sudah rampung. Namun pengoperasiannya masih harus menunggu penyelesaian jalan menuju pelabuhan tersebut. Karena itu Joko menegaskan akses jalan pun harus secepatnya diselesaikan.

“Akhir 2013 ini jalan sudah harus selesai agar dermaga ini bisa berfungsi maksimum, jangan sampai nanti 2013 Bapak Presiden datang resmikan, masih ada yang kata-kata disayangkan karena jalannya ternyata belum kelar semua,“ tandas Joko dihadapan Pimpinan Balai Bina Marga dan para kontraktor.

Sesuai jadwal, Menteri PU hai ini akan bertolak ke Waisai, Raja Ampat untuk menghadiri seminar percepatan pembangunan di Papua Barat melaui pengadaan Infrastruktur yang di gelar Gapensi PB.

Sumber: Cahaya Papua, Rabu 16 Mei 2012  
 

0 komentar:

Posting Komentar