Pages

Jumat, 31 Januari 2014

Tongkang dan LCT Diarahkan ke Pelabuhan Arar



Guna peningkatan pelayanan serta untuk mengurangi tingkat kepadatan antrian kapal yang hendak sandar di dermaga Sorong, kapal jenis Tongkang dan LCT rencananya akan diarahkan untuk sandar di pelabuhan Arar. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan Sorong. Saat ini, pelabuhan Arar sudah dilengkapi dengan system pelayanan dan kesiapan yang sama halnya dengan di pelabuhan Sorong. Demikian disampaikan General Manager (GM) PT Pelindo Cabang Sorong, Jusuf Junus melalui Manager Pelayanan Barang dan Aneka Usaha (PBAU) Pelindo Cabang Sorong, Hardi yang ditemui Radar Sorong di ruang kerjanya, Kamis (21/11).

Diungkapkannya, rencana tersebut akan direalisasikan setelah melakukan kordinasi dengan pihak-pihak kapal yang dimaksud. Tujuannya, mengurai tingkat kepadatan antrian yang saat ini sudah mencapai 18 jam di dermaga Sorong sehingga diharapkan akan meningkatkan pelayanan, terutama untuk kapal barang pengangkut peti kemas yang mensuplay barang ke Sorong. Dampaknya, tingkat pendistribusian akan semakin meningkat, dan tentu akan meningkatkan perekonomian di masyarakat dengan pendistribusian yang lebih cepat. Tentunya hal itu akan dibarengi dengan proses pembongkaran yang juga akan semakin ditingkatkan. ”Kalau antrian kapal bisa kita kendalikan dengan mengarahkan kapal Tongkang dan LCT ke pelabuhan Arar, tentunya akan mengurangi waktu antrian, pembongkaran container dan berdampak positif pada pendistribusian barang ke pasaran,” tuturnya.

Rencana diarahkannya kapal tersebut mengingat lokasi pelayanan di dermaga Arar kini sudah memadai. Sebelumnya, kapal pengangkut semen curah juga sudah sandar dan beroperasi di dermaga Arar. Dalam kegiatan bongkar semen curah itu, terbukti berjalan mulus dan lancar. Ke depannya, direncanakan barang-barang non peti kemas juga akan diarahkan ke pelabuhan Arar. Meski diakuinya, pebisnis masih memikirkan tingginya biaya angkut jika barang dibongkar di dermaga Arar. “Kalau pelayanan, biaya dan sebagainya sama dengan di pelabuhan sorong, hanya memang kita masih terus melakukan kordinasi terkait rencana ini,” tukasnya.

0 komentar:

Posting Komentar